Punya segudang pertanyaan? Jangan khawatir, karena kami telah menyediakan jawabannya dalam bentuk sesi tanya jawab atau yang biasa dikenal dengan FAQ (Frequently Asked Question).

Pembelian

Bagaimana cara belanja di Kartani.co.id?

Untuk berbelanja di Kartani.co.id, caranya sangat mudah sekali. Kami telah menyiapkan tutorialnya di halaman cara belanja.

Bagaimana cara mengetahui ID pesanan saya?

ID pesanan adalah kode unik yang diawali dengan tanda ‘#’ untuk setiap pesanan yang anda buat. Misalnya: #12345. ID pesanan bisa anda temukan di invoice ketika anda selesai memproses pesanan. Anda juga bisa mengecek ID pesanan di menu profil apabila anda adalah pelanggan terdaftar.

Kami juga mengirimkan ID pesanan melalui e-mail dan sms notifikasi.

Apakah saya bisa belanja tanpa harus mendaftar terlebih dahulu?

Bisa. Anda bisa melakukan pembelian dengan atau tanpa melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Namun, kami sangat menganjurkan untuk melakukan pendaftaran untuk memudahkan anda melihat status pesanan anda.

Bagaimana cara menemukan barang yang saya inginkan?

Mencari barang yang anda inginkan sangat mudah sekali. Ada dua cara yang bisa anda lakukan.

  1. Mengguanakan fitur pencarian
  2. Browsing produk melalui menu dan kategori yang tersedia atau bisa juga langsung menuju halaman shop.
Saya sudah pesan. Apa yang harus saya lakukan selanjutnya?

Setelah anda selesai memesan produk, maka pesanan anda sudah terekam di sistem kami.
Yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menyelesaikan pembayaran. Setelah pembayaran dilakukan, pastikan untuk melakukan Konfirmasi pembayaran. Jika pembayaran telah terverifikasi,
kami akan segera memproses pesanan. Anda hanya perlu menunggu beberapa hari hingga pesanan tiba di lokasi anda.

Status terbaru terkait pesanan anda akan selalu kami notifikasikan sebagai referensi.

Saya harus transfer ke rekening mana?

Nomor rekening tujuan akan otomatis tersedia di invoice. Kami juga akan mengirimkannya melalui email dan sms saat anda selesai memesan barang.

Jenis bank akan disesuaikan dengan jenis bank pilihan anda saat melakukan pembayaran untuk mengurangi biaya transfer. Namun perlu diketahui bahwa saat ini kami hanya mendukung pembayaran bank BCA, Mandiri, dan BRI. Kami akan berupaya untuk menambah sistem pembayaran lain untuk memudahkan anda bertransaksi.

Metode pembayaran apa saja yang tersedia?

Untuk saat ini kami mendukung pembayaran via transfer bank. Beberapa bank yang tersedia adalah Bank BCA, Mandiri, dan BRI.

Apakah ada diskon?

Ada. Kami selalu memberikan diskon secara berkala. Supaya anda tidak melewatkan promo diskon yang kami berikan, silahkan masukan e-mail anda untuk berlangganan pemberitahuan dari kami melalui kolom dibawah ini:

 

Berlangganan berita:

NB: Anda dapat berhenti berlangganan kapanpun.

Apakah dapat melakukan pembelian diluar jam kerja atau hari libur?

Ya. Anda masih bisa melakukan pembelian di luar jam kerja maupun hari libur. Dengan catatan bahwa pesanan anda akan kami proses di jam kerja berikutnya.

Apakah saya akan mendapatkan notifikasi setelah memesan barang?

Ya. Setelah barang berhasil di pesan, anda akan mendapatkan pemberitahuan berupa invoice melalui e-mail dan SMS.
Anda tetap bisa follow up pesanan anda karena setiap ada update terbaru terkait status pesanan,kami akan selalu memberikan notifikasi via e-mail sebagai referensi anda.

Adakah minimum pembelian?

Tidak. Apapun dan berapa pun pesanan anda, tetap akan kami proses sesuaidengan jumlah pesanan.

Apakah saya bisa memesan lebih dari satu barang?

Tentu saja bisa. Saat anda memutuskan untuk membeli sebuah produk, maka produk akan masuk ke keranjang belanja. Anda bebas untuk memilih produk lain yang anda suka sebelum melanjutkan ke proses pembayaran.

Apa ada potongan harga untuk pembelian dalam jumlah besar?

Tentu. Selain melayani pembelian secara retail (eceran), kami juga melayani pemesanan grosiran dan partai besar.

Potongan harga diberikan berdasarkan jumlah pesanan anda. Semakin banyak barang yang anda pesan maka semakin besar pula potongan harga yang bisa anda dapatkan.

Untuk pembelian dalam jumlah besar, silahkan langsung hubungi kami.

Apakah belanja di Kartani.co.id aman dan terpercaya?

Tentu saja. Karena Kartani.co.id berdiri dibawah perusahaan CV. Karya Tani Mandiri. Kami menjamin 100% keamanan pembelian dengan garansi uang kembali.

Bisakah saya belanja langsung di tempat?

Bisa saja jika memungkinkan. Apabila lokasi anda tidak jauh dari lokasi kami, anda bisa mendatangi langsung kebun bibit kami yang beralamat di:

Jalan Kecipir Lk. 7 Sei Remban Kel, Paya Roba, Binjai Barat, Medan, Sumatera Utara 20718

Dapatkan petunjuk arah

Dapatkah saya melakukan refund (pengembalian dana)?

Ya. Anda berhak meminta pengembalian dana apabila barang yang di pesan tidak sesuai dengan harapan. Namun, sebelum memutuskan untuk refund, pastikan anda memenuhi ketentuan refund terlebih dahulu. Tim kami akan menghubungi anda untuk membantu menyelesaikan masalah anda.

NB: Pengajuan refund bisa saja ditolak jika tidak memenuhi syarat.

Produk

Apakah produk sudah pasti sama seperti di gambar?

Perlu diketahui bahwa gambar di website hanya ilustrasi. Fakta di lapangan tidak selalu sama. Masing-masing tanaman tidak bisa identik 100%. Karena ada banyak sekali faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang tanaman.

Bagaimana saya mengetahui tanaman A bisa tumbuh di daerah saya?

Sebagian besar produk kami bisa tumbuh di berbagai kondisi iklim. Namun untuk produk-produk tertentu membutuhkan cuaca khusus supaya bisa tumbuh subur. Untuk itu, ada baiknya bertanya kepada CS mengenai produk terkait.

Saya tidak bisa merawat tanamannya. Bagaimana?

Jangan khawatir. Karena setiap pembelian produk kami sudah termasuk dukungan penuh tentang cara perawatan. Bagi anda yang tidak tahu cara merawat tanaman, anda bisa langsung menghungi kami. Kami akan dengan senang hati membantu anda.

Berapa lama tanaman akan berbuah?

Masing-masing tanaman memiliki masa buah yang berbeda-beda. Tergantung jenis tanaman anda dan ukuran tanaman saat anda membelinya.

Produk yang kami jual adalah bibit tanaman yang dikembangbiakan melalui fase vegetatif seperti cangkok, okulasi, tempel, sambung (grafting), dsb.

Dengan cara ini tanaman bisa lebih cepat berbuah dibandingan pembiakan generatif yakni tanaman biji.
Masa produktif tanaman juga tersedia di deskripsi produk

Bagaimana jika tanaman mati?

Kami akan memberikan garansi jika tanaman mati karena kesalahan dari kami. Masing-masing produk memiliki jangka waktu garansi yang berbeda-beda.

Namun kami tidak memberikan garansi jika tanaman mati karena kesalahan perawatan dari pembeli.

Tanaman saya tidak mau berbuah. Apa yang harus saya lakukan?

Kasus seperti ini sangat jarang sekali terjadi. Pada dasarnya, tanaman buah secara alamiah sudah pasti berbuah jika sudah memasuki masa produktif.

Jika tanaman mendapatkan perawatan yang benar dan kondisi lingkungan yang cocok, sangat kecil kemungkinan tanaman tidak berbuah.

Jadi, ada baiknya berkonsultasi dengan CS kami jika tanaman anda tidak mau berbuah.

Pengiriman

Berapa lama barang dikirim?

Kami tidak bisa memastikan berapa lama barang dikirim. Karena banyak faktor yang mempengaruhinya seperti pilihan jasa kurir yang anda pilih dan lokasi alamat rumah anda.

Setelah barang kami kirim, kami akan memberikan resi kepada anda melalui e-mail dan sms sebagai referensi anda untuk men-tracking pengiriman barang.

Berapa ongkos kirimnya?

Ongkos kirim berbeda-beda tergantung jasa kurir yang anda pilih dan jarak alamat anda dari lokasi kami. Ongkos kirim akan terhitung otomatis ketika anda sudah memasukan alamat anda di halaman pembayaran.

Kapan barang dikirim?

Barang akan langsung dikirim setelah anda menyelesaikan pembayaran. Namun ada kalanya pengiriman tertunda apabila hari libur atau diluar jam kerja. Pengiriman akan di lakukan di jam kerja selanjutnya.

Kenapa ongkos kirimnya lebih mahal atau lebih murah dari situs e-commerce lain?

Perlu diketahui bahwa lokasi alamat kami ada di Binjai, Sumatera Utara. Jadi ongkos kirim bisa jadi lebih mahal ataupun lebih murah dari situs e-commerce lain. Tergantung seberapa jauh jarak anda dari lokasi kami. Semakin jauh jarak anda, maka kemungkinan ongkos kirim semakin mahal. Dan sebaliknya semakin dekat jarak anda maka ongkos kirim bisa semakin murah.

Apakah bisa bayar ditempat (COD)?

Bisa. Namun fitur ini hanya tersedia untuk wilayah tertentu. Jika lokasi anda terjangkau dengan kami, maka fitur pembayaran COD akan otomatis tersedia.

Fitur COD bisa digunakan jika anda menggunakan pengiriman pribadi atau mengambil sendiri pesanan anda di kebun kami.

Apakah pengiriman bisa ke seluruh pelosok Indonesia?

Mohon maaf, untuk saat ini kami hanya melayani pengiriman ke wilayah pulau Sumatera saja. 

Kami terus bekerja keras untuk menambah stok barang dan menjangkau pengiriman ke seluruh Indonesia.

Bagi anda yang di pulau Sumatera, kami menyediakan jasa kurir ternama seperti:

  • JNE
  • TIKI
  • JNT
  • Pos Indonesia

Anda juga bisa menggunakan pengiriman port to port seperti layanan kargo bus antar kota dan antar provinsi yang tentunya lebih murah dan cepat. Untuk menggunakan pengiriman ini, silahkan hubungi kami.

Bagaimana jika barang tidak tiba di alamat saya?

Masalah seperti ini sangat jarang sekali terjadi. Selama alamat yang anda masukan jelas dan terjangkau oleh pihak ekspedisi, biasanya barang akan dikirim dalam beberapa hari.
Kami juga akan memberikan resi pengiriman supaya anda bisa men-tracking pesanan anda. Namun, jika pesanan anda tetap tidak dikirim meskipun anda telah memasukan alamat dengan benar, silahkan hubungi kami untuk bantuan lebih lanjut.

Keamanan Akun dan Garansi

Apakah saya bisa menjamin keamanan data saya?

Pasti. Kartani.co.id berdiri dibawah perusahaan resmi CV. Karya Tani Mandiri yang berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada semua costumer kami termasuk menjamin 100% data yang anda berikan kepada kami.

Data yang anda berikan kepada kami saat berinteraksi dengan situs seperti memasukan alamat, melakukan pendaftaran, dsb hanya akan digunakan untuk keperluan jual beli online.
Kami menjamin data anda tidak akan disalahgunakan ataupun diketahui oleh pihak ke-3.
Silahkan baca kebijakan privasi.

Apakah varietas bibit sudah pasti original dan dapat dipastikan keasliannya?

Kami selalu memastikan setiap produk yang anda beli di Kartani.co.id terjamin keaslian varietasnya. Anda tidak perlu khawatir meskipun anda tidak bisa membedakan varietas bibit tanaman. 

Kami memiliki integritas untuk selalu menjaga reputasi kami. Jika anda memesan bibit varietas X, maka kami menjamin akan mengirimkan bibit varietas X dan bukan varietas lain.

Namun perlu dicatat bahwa meskipun sangat jarang sekali terjadi pada bibit dengan pembiakan vegetatif, ada kalanya genetik bibit bisa berubah.

Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor seperti kesalahan perawatan, kondisi iklim, hingga kondisi tanah. 

 

 

Apakah ada garansi tanaman pasti hidup?

Ya. Kami memberikan garansi tanaman hidup. Jangka waktu garansi untuk tanaman berbeda-beda untuk masing-masing tanaman.

Tidak menemukan pertanyaan anda?

Silahkan isi form di bawah ini untuk membuat pertanyaan baru.